Jumat, 29 September 2017

GURU KEHIDUPAN

copas nih

Penyebab Mudah Mengantuk dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mudah Mengantuk dan Cara Mengatasinya - Mengantuk dan sering menguap ketika sedang beraktifitas hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Kurangnya tidur saat malam sering dijadikan alasan oleh sebagian orang. Memang mengantuk adalah hal yang alamiah dan wajar, tapi jika terus berlangsung selama Anda beraktifitas itu dapat mengganggu performa Anda. Kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak atau pun stres merupakan kondisi atau penyebab yang memicu ngantuk yang berlebih. Mengantuk adalah hal yang wajar, namun tidak wajar apabila rasa ngantuk tersebut datang secara terus menerus. Rasa ngantuk yang umumnya datang pada malam hari dan biasanya disebabkan karena keletihan adalah hal yang wajar. Yang perlu kita kenali saat rasa ngantuk datang secara terus menerus adalah tanda-tanda ketidakwajarannya. 

Berikut ini Penyebab penyebab mengantuk berlebihan atau rasa ngantuk yang datang terus menerus :

Anemia atau kekurangan darah adalah penyebab mengantuk berlebihan yang biasanya menyerang para wanita yang sedang haid atau datang bulan. Pada saat datang bulan para tubuh para wanita kekurangan zat besi yang berguna mengantarkan oksigen keseluruh tubuh. akibatnya, tubuh kehilangan banyak tenaga. hal inilah yang menjadi penyebab mengantuk berlebihan pada saat menstruasi.

Depresi yang dianggap salah satu gangguan emosi memiliki pengaruh yang besar terhadap kebugaran tubuh. Berkurangnya semangat dalam diri seseorang menimbulkan pengaruh "malas" terkadang dalam banyakhal. seperti malas kerja, malas makan dan malas berfikir. rasa ngantuk yang disebabkan oleh rasa malas ini lebih sulit dihilangkan.

Dehidrasi timbul karena tubuh kehilangan banyak cairan. Hal ini terjadi setelah olah raga (kondisi tubuh kurang cairan). Jarang terjadi pada olahragawan yang mempunyai tubuh yang nutrisinya selalu terpenuhi.

Orang yang bergadang normal kurang tidur, tapi tunggu dulu. durasi tidur seseorang normalnya sama meskipun jadwal tidur nya berbeda, permasalahn akan timbul ketika seseorang masih mengantuk meskipun ja tidurnya telah terpenuhi.

Ketika jantung anda mulai kurang baik bekerja dalam bekerja, anda akan mudah sekali merasa lelah. hal ini bisa saja menjadi penyebab mengantuk berlebihan. ketika anda tidak mengalami gejala penyebab mengantuk berlebihan yang lain sebaiknya perisakan kesehatan jantung anda.

Ada pendapat beberapa dokter yang menyatakan alergi terhadap makanan dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan.

Makan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi mengantuk, penyebab mengantuk setelah makan terjadi karena tubuh memerlukan energi untuk memproses makanan, hal ini biasa terjadi jika anda terlalu makan banyak.

Ada beberapa tips agar Anda terhindar dari ngantuk yang berlebih, diantaranya yaitu :

Kopi sering dijadikan solusi pencegah kantuk. Tapi, terlalu sering minum kopi juga tidak terlalu baik bagi kesehatan dan menyebabkan ketergantungan. Cobalah ganti kebiasan minum kopi dengan meminum teh hijau. Di dalam kopi mengandung L-theanine yang dapat mengurangi rasa lelah dan kantuk. Teh yang berasal dari Negri Cina itu juga mempunyai khasiat yang sama yaitu dapat meningkatkan kewaspadaan kerja.

Duduk di kursi selama berjam-jam membuat tubuh terasa pegal dan letih sehingga memicu rasa kantuk. Untuk menghindari kelelahan, ada baiknya Anda rutin berdiri dari kursi untuk meregangkan otot atau berjalan –jalan sejenak.

Rasa kantuk setelah makan siang merupakan hal normal. Hal tersebut terjadi karena banyak enzim yang digunakan ketika bangun dan bergerak. Memaksakan tubuh untuk tetap bekerja dan beraktifitas justru akan membuat Anda kurang berkonsentrasi dan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dan aktifitas Anda dengan baik. Bila tubuh memberikan sinyal lelah atau ngantuk, sebaiknya Anda turuti tanda dari tubuh tersebut dengan tidur selama beberapa menit di tempat yang tenang guna melancarkan otot-otot Anda.

Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata Anda menjadi lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.

Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri, permen dan yogurt serta segenggam kacang-kacangan atau buah segar.

Jika Anda tidak konsentrasi, cobalah ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. Bicaralah dengan rekan Anda tentang sesuatu yang menarik.

Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung,menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

Jika Anda berada dalam perjalanan panjang, gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhentilah setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.


1 komentar:

  1. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL


    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ

    Daftar SahabatQQ
    #sahabatQQ #winsahabat #windaftar #AgenBandarQ #Domino99 #DominoQQ #Rajakartu99 #IDPRO

    BalasHapus